Headlines News :
Home » » 10 Peristiwa Gempa Bumi Terbesar dan Terparah di Dunia

10 Peristiwa Gempa Bumi Terbesar dan Terparah di Dunia

Written By Si Bungsu on Selasa, 14 Januari 2014 | 21.00

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang di alami selama periode waktu. 
Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude.
kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa. Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, berikut 10 Peristiwa Gempa Bumi Terbesar dan Terparah di Dunia seperti dikutip berbagai sumber

10. Gempa Assam, Tibet
Gempa Assam, Tibet
[lihat.co.id] - Gempa bumi yang sempat menyapu Assam, Tibet ini besarnya 8,6 SR. Memakan korban jiwa sekitar 1500 pada 15 Agustus 1950 silam. Titik-titik gempa bumi menghajar daerah Yunnan, China, Calcutta serta India. Tak sedikit daerah yang bergeser dan sungai yang berhenti mengalir karenanya. Kemudian gempa bumi ini menciptakan bencana lain seperti banjir besar dan menghancurkan desa-desa serta melenyapkan jiwa.

9. Gempa Sumatera Utara, Indonesia
Gempa Sumatera Utara, Indonesia
[lihat.co.id] - 28 Maret 2005, Indonesia berduka dengan gempa bumi 8,6 SR yang menyerang. Gempa bumi ini merupakan bencana susulan setelah tahun 2004 Aceh diserang tsunami besar. Ada sekitar 1300 orang yang meninggal karenanya. Berlangsung sekitar dua menit, gempa bumi ini sempat menciptakan kepanikan dan ketakutan akan tsunami. Dan benar, tsunami sempat terbentuk, namun tidak terlalu besar dan tidak menciptakan kerusakan yang teramat parah.

8. Gempa Pulau Tikus, Alaska
Gempa Pulau Tikus, Alaska
[lihat.co.id] - Tahun 1965, gempa bumi sebesar 8,7 SR menyerang Alaska. Menciptakan tsunami setinggi 10 meter dan menyebar mengarah ke Jepang. Dua bulan kemudian, gempa bumi vulkanik yang merupakan gempa susulan datang lagi. Menimbulkan tsunami kecil dan kerusakan yang tidak terlalu parah.Untungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan meninggal dalam gempa bumi besar ini.

7. Gempa Ekuador, Kolombia
Gempa Ekuador, Kolombia
[lihat.co.id] - 31 Januari 1906, sebuah gempa bumi besar berukuran 8,8 SR menyerang lepas pantai Ekuador dan Kolombia. Gempa bumi ini kemudian menciptakan tsunami besar yang membunuh kurang lebih 1500 jiwa. Tsunaminya bahkan mencapai San Fransisco dan Jepang. Dan meninggalkan duka kelam di hati mereka yang menyaksikan kehancuran serta kehilangan sanak keluarga.
6. Gempa Lepas pantai Maule, Chili
 Gempa Lepas pantai Maule, Chili
[lihat.co.id] - Sebulan setelah Haiti diguncang gempa bumi 7 SR dan menewaskan lebih dari 200 ribu orang, Chili kembali diguncang gempa 8,8 SR. Korban jiwa terhitung ada sekitar 500 orang yang meninggal, 800 ribu orang harus diungsikan, dan lebih dari 1,8 jiwa mengalami kerugian karena gempa bumi dan tsunami yang berpadu menyerang area tempat tinggal mereka.Tsunami kemudian terdeteksi mengancam 53 negara dan kerusakan besar-besaran ini mencapai milyaran dollar.

5. Gempa Semenanjung Kam***a, Rusia
Gempa Semenanjung Kam***a, Rusia
[lihat.co.id] - Gempa bumi 9 SR pertama di dunia tercatat pada tahun 1952, di semenanjung Kam***a, Rusia. Tidak ada laporan kematian pada saat itu, sekalipun dilaporkan tsunami setinggi 13 meter sempat mencapai Crescent City, California. Pun demikian, dilaporkan kerugian materi besar dialami oleh Hawaii karena kerusakan parah yang dialami oleh mereka.
4. Gempa Pantai Timur Pulau Honshu, Jepang
Gempa Pantai Timur Pulau Honshu, Jepang
[lihat.co.id] - Gempa bumi terbesar yang pernah menyerang Jepang terjadi pada 11 Maret 2011. Gempa bumi 9,0 SR ini diperkirakan mengguncang Jepang selama 6 menit. Tsunami menelan 29 ribu korban jiwa, merusak Fukushima dan menyebabkan reaktor nuklirnya meledak.

3. Gempa Lepas Pantai Sumatera Utara, Indonesia
Gempa Lepas Pantai Sumatera Utara, Indonesia
[lihat.co.id] - Salah satu gempa bumi terbesar ketiga di dunia tercatat terjadi di Aceh. Gempa 9,1 SR ini menelan sekitar 227 ribu korban jiwa, 1,7 juta orang yang harus mengungsi, dan 14 titik tsunami menyerang negara-negara di Asia Selatan hingga ke Afrika Timur. Tsunami ini tak hanya merusak berbagai fasilitas tetapi juga meluluhlantakkan banyak lokasi.Gempa bumi yang terjadi 26 Desember 2004 itu hingga kini masih menyisakan kesedihan dan trauma bagi masyarakat di Aceh.
2. Gempa Prince William, Alaska
Gempa Prince William, Alaska
[lihat.co.id] - Sebuah daerah disebut Prince William di Alaska sempat diserang gempa bumi sebesar 9,2 SR di tahun 1964. Gempa bumi yang berlangsung selama 3 menit itu menelan 128 korban jiwa, dan menciptakan kerusakan di mana-mana. Banyak tanah longsor, kekacauan jalur komunikasi, pipa gas yang pecah, listrik yang padam, dan tsunaminya menyebabkan kerusakan sepanjang daerah Hawaii.

1. Gempa Valdivia, Chili
Gempa Valdivia, Chili
[lihat.co.id] - Gempa bumi yang tercatat terbesar di dunia adalah gempa di Chili, yang terjadi pada tahun 1960. Gempa bumi sebesar 9,5 SR ini menelan 1,665 korban jiwa. Ribuan orang terluka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami yang tercipta sebagai dampak gempa menelan 61 korban jiwa di Hawaii, dan 32 orang di Filipina.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Admin Template | Co Admin
Copyright © 2011. Detik 77 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Klik77
Proudly powered by Blogger