Headlines News :
Home » » 5 Patung Terunik Teraneh di Dunia

5 Patung Terunik Teraneh di Dunia

Written By Si Bungsu on Senin, 06 Januari 2014 | 21.21

Patung merupakan karya seni yang lahir atau dibangun untuk menjadi sebuah simbol. Dan biasanya berdirinya patung memiliki latar belakang, seperti berkaitan dengan sejarah, kejadian unik, penghormatan atau apa pun yang memiliki cerita khusus yang berkaitan dengan patung tersebut. Dan setelah berdiri, patung ternyata menjadi lebih dari sekedar simbol. Banyak diantara kita yang menjadikan patung tersebut sebagai salah satu objek wisata.

Selain ini, bentuk dari patung yang dibuat, menjadi daya tarik tersendiri. Semakin sulit, semakin indah, atau pun ukurannya yang semakin besar patung tersebut, maka perhatian akan semakin besar pada patung tersebut. Atau juga, material yang dipergunakan bisa menjadi daya tarik. Semakin unik bahan yang digunakan, maka akan semakin tinggi pula nilai seni dari patung tersebut.

Namun dari beberapa patung yang ada di belahan dunia, ada juga patung yang menjadi terkesan aneh. Mungkin karena pesan yang disampaikan menjadi tidak jelas, atau pun bentuknya yang tidak indah. Berikut 5 Patung Terunik Teraneh di Dunia seperti dikutip berbagai sumber


1. Hand Of The Desert, Chili
Hand Of The Desert, Chili
Patung dengan bentuk aneh pertama yakni hand of the desert. Patung ini berdiri sekitar 47 kilometer sebelah selatan kota Antofagasta. Atau tepatnya di tengah gurun pasir atacama yang tandus. Patung ini tepat berdiri di tepi jalan pan-american highway. Patung ini dianggap aneh dari bentuknya yang menyerupai telapak tangan manusia yang terkubur di dalam pasir gurun.

Telapak tangan raksasa dengan tinggi mencapai 10,8 meter tersebut dibuat oleh pematung asal Chili, mario irarrazabal. Patung ini dibangun sekitar tahun 80-an dengan nama mano de desierto, dan baru diresmikan pada 28 maret 1992. Patung ini menggunakan material besi dan semen. Pembangunannya sendiri didanai oleh corporacion pro Antofagasta, sebuah organisasi lokal.

Sebenarnya bentuk tangan dari patung ini untuk mengekspresikan emosi manusia, seperti ketidakadilan, kesepian, penderitaan, penyiksaan. Namun jika dilihat dari ukuranya menekankan pada masalah kerentanan dan ketidakberdayaan manusia. Namun beberapa wisatawan yang selalu singgah ketika melintasi di gurun tersebut, menilai tidak sesuai dengan makna yang akan disampaikan. Bahkan bentuk tangan pun terlihat aneh.


2. Posankka, Finlandia
Posankka, Finlandia
Patung aneh berikutnya yakni posankka di kawasan turku, Finlandia. Atau tepatnya di dekat kampus turku. Patung karya, alvar gullichsen ini berukuran cukup besar yang mencapai 4,8 meter, dan diberi warna merah muda. Material yang dipergunakannya adalah kabel baja dan dilapasi plastik dengan ketebalan dan kekuatan yang sangat baik.

Posankka dibangun pada 1999 dan ditempatkan di sungai aurajoki. Namun patung tersebut dipindah ke tempat yang kini kokoh berdiri pada tahun 2001. Dikatakan aneh karena bentuk dari patung ini menggabungkan dua hewan sekaligus yakni babi dan bebek, sehingga tampak seperti hewan aneh.

Ide awalnya pembuatan patung ini adalah sbuah truk minyak dan penyedot limbah beracin dari pelabuhan turku yang disebut bonk’s atomic llbh succer. Namun entah kenapa yang jadi adalah patung seekor hewan yang tidak jelas. Dan setelah ditelusuri, ternyata alvar terinspirasi sebuah patung bugs bunny dan karakter lainnya di sebuah toko warner brothers di london.

Lucunya kini setiap memperingati hari besar atau hari penting lainnya, patung ini akan didandani sesuai tema hari besar tersebut. Seperti saat natal, patung akan dipakaikan topi natal, begitu pun saat hari buruh, biasanya posankka dipakaikan topi mahasiswa. Dan juga ketika hari pramuka, patung aneh ini akan mengenakan topi pramuka.

3. Statue Of Liberation Through Christ, Amerika Serikat
Statue Of Liberation Through Christ, Amerika Serikat
Patung yang tampak aneh berikutnya berada di Memphis,Tennessee, Amerika Serikat. Patung yang berdiri di sudut kirby parkway tersebut merupakan replika dari patung Liberty yang berada di New York. Patung dengan tinggi mencapai 21, 6 meter tersebut diberi nama lord’s lady Liberty. Bedanya dengan patung Liberty sesungguhnya adalah benda yang dipegang di tangan kanan. Jika Liberty memegang obor, lord’s lady Liberty sedang memegang salib.

Patung ini diprakarsai seorang pendeta di daerah tersebut yang bernama williams. Menurut sang pendeta patung tersebut merupakan bentuk refleksi terhadap kehidupan sosial di Amerika yang semakin tidak terkendali. Pada patung lord’s lady Liberty tersebut tampak sedang meneteskan air mata yang melambangkan kesedihannya dengan kondisi sekitar.

Namun banyak juga yang mengkritik kalau patung yang mengeluarkan dana sebesar 2,5 miliar rupiah tersebut, tampak konyol, dan dana sebesar itu terbuang sia-sia. Bahkan ada yang menilai, patung tersebut tidak bisa membantu memperbaiki kondisi sosial yang sedang terjadi di Amerika. Dan tidak sedikit dari warga memphis yang tidak memperdulikan keberadaan patung tersebut.



4. Le passe-Murraile, Prancis
Le passe-Murraile, Prancis
Patung aneh berikutnya bernama Le Passie-Murraile. Patung yang berada di sudut jalan Allee Des Brouillards dan rue Norvivins, Montmartre, Paris, Prancis ini, berbentuk seorang pria keluar dari dinding, yang terbuat dari perunggu. Patung didirikan pada 1982 oleh seorang seniman asli Prancis, jean marais.

Sebenarnya jika dilihat dari bentuk, atau material yang dipergunakan semuanya tampak wajar-wajar saja. Apalagi bentuk dari patung yang seolah-olah sedang menembus dinding dianggap sebuah bentuk karya seni yang luar biasa. Bahkan banyak orang yang mengagumi karya seni patung ini.

Hanya saja yang membuat patung ini dianggap aneh adalah latar belakang dari pembuatan patung tersebut. Ternyata patung ini merupakan tokoh fiksi dari cerita le passe-muraille, karya Marcel Ayme. Cerita yang cukup melegenda di Prancis tersebut, menceritakan kisah seorang pria yang memiliki kemampuan menembus dinding. Sayanyanga kehebatannya tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang salah, seperti merampok bank atau kriminal lainnya. Dan akhirnya sang tokoh tersebut terjebak dalam dinding yang tidak bisa ke luar sepenuhnya. Dan tidak jauh dari berdirinya patung tersebut, terdapat makam dari pengarang cerita le passe-murailla, Marcel Ayme yang meninggal oktober 1967.

5. Floralis Generica, Argentina
 Floralis Generica, Argentina
Patung terakhir yang dianggap memiliki bentuk aneh adalah floralis Generica, di Buenos Aires, Argentina. Patung ini berbentuk bunga raksasa yang dibuat pada tahun 2002 oleh seorang seniman bernama Eduardo Catalano, dan diletakkan di pelataran united nations plaza, avenida figueroa alcorta.

Sebenarnya patung yang berada di tengah-tengah kolam dengan diameter 44 meter tersebut, memiliki keunikan yaitu bisa mekar di pagi hari dan uncup saat malam datang. Saat kuncup patung bunga ini memiliki tinggi mencapai 22,5 meter. Dan saat mekar diameter bunga mencapai 31,5 meter. Catalano mengatakan ide membuat patung bunga adalah untuk menggambarkan sebuah harapan, dan selalu terbuka setiap hari.

Namun yang membuat patung tersebut dianggap aneh, karena terbuat dari stainless steel, baja dan alumunium, sehingga tidak memperlihatkan keindahan seperti halnya bunga dengan warna-warni yang indah. Dan kini bunga baja tersebut terpaksa terus dalam kondisi mekar, lantaran adanya kerusakan di salah satu bagian. Sehingga agar patung tidak rusak seluruhnya dibarkan dalam keadaan mekar.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Admin Template | Co Admin
Copyright © 2011. Detik 77 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Klik77
Proudly powered by Blogger