Headlines News :
Home » » 7 Kota Kuno yang masih menjadi Misteri sampai saat ini

7 Kota Kuno yang masih menjadi Misteri sampai saat ini

Written By Terbungsu on Kamis, 23 Januari 2014 | 18.00

7 Kota Kuno yang masih menjadi Misteri sampai saat ini
Di balik reruntuhan bangunan, sebuah kota kuno menyimpan banyak teka-teki yang melatarbelakangi keberadaannya. Tak sedikit wisata yang datang karena penasaran. Di dunia, ada 7 kota kuno yang menyimpan misteri. Apa saja ya?

Dilongok dari Traveli.detik inilah 7 kota kuno yang menyimpan misteri:

1. Palenque, Meksiko
Palenque, Meksiko
Ini adalah salah satu kota terbesar yang menjadi peninggalan Suku Maya. Palenque dipenuhi oleh kuil, istana, dan pasar yang dipercaya sudah ada sejak sekitar tahun 600-900 Masehi.

Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti kenapa peradaban Maya hancur dan kota besar seperti Palenque ditinggalkan. Tapi beberapa teori mengatakan perang dan kelaparan jadi salah satu faktor. Kini, Palenque jadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan.

2. Derinkuyu, Turki
Derinkuyu, Turki
Ini adalah salah satu kota yang terbesar dan terdalam dari sekian banyak kota bawah tanah di Cappadocia, Turki. Kota ini diduga ditempati oleh sekitar 20.000 orang.

Menurut laporan, Derinkuyu berada di bawah tanah dengan kedalaman 85 meter. Para penduduknya diperkirakan menggali tanah, membentuk terowongan dan membuat kamar.

3. Catalhoyuk, Turki
Catalhoyuk, Turki
Masih di Turki, kota kuno yang menyimpan misteri lainnya adalah Catalhoyuk. Kota ini dipercaya sebagai salah satu perkotaan paling awal ada di dunia. Ribuan orang diyakini menempati kota ini pada 7.400-6.200 SM.

Catalhoyuk memiliki desain yang unik karena dibangun seperti sarang lebah. Uniknya, untuk masuk ke dalam rumah, penduduk harus naik dari atap. Sedangkan bagian lantai dijadikan kuburan untuk penduduk yang mati. Namun, sampai sekarang belum diketahui apa yang selanjutnya terjadi dengan penduduk kota tersebut.

4. Pompeii, Italia
Pompeii, Italia
Pompeii adalah salah kota kuno yang paling terkenal di dunia. Awan debu sepanas 850 derajat celcius dimuntahkan Gunung Vesuvius pada tahun 79 dan melahap seluruh bangunan dan manusia di Kota Pompeii, Italia. 1.600 tahun kemudian, tempat itu ditemukan kembali.

Kota ini terlupakan dan kembali ditemukan pada tahun 1679. Upaya pembersihan kota dilakukan dan terlihatlah struktur kota yang modern. Ini terlihat dari bangunan yang terbuat dari batu bata dengan gaya Romawi kuno.

5. Machu Picchu, Peru
Machu Picchu, Peru
Inilah kota yang rasanya hampir masuk dalam daftar perjalanan kebanyakan traveler, Machu Picchu di Peru. Kota peninggalan suku Inca dan yang sering disebut sebagai Kota Hilang ini ditemukan pada tahun 1911.

Konon, untuk membuat kota ini, suku Inca meratakan puncak gunung setinggi 2.430 mdpl. Kemudian, 140 bangunan termasuk kuil dan rumah dibangun di sana.

6. Cahokia, AS
Cahokia, AS
Ternyata AS juga punya kota kuno yang menyimpan misteri, yakni Cahokia, dekat dengan Illinois. Kota ini diduga menjadi tempat bagi 10.000-40.000 orang selama ratusan tahun.

Dikelilingi piramida dan berbagai bangunan kayu, peradaban Cahokia mencapai puncak kejayaan pada tahun 600-1400 Masehi. Pendudk Cahokia juga membangun pasar besar dengan sistem pertanian yang terhitung canggih pada saat itu.

7. Great Zimbabwe
Great Zimbabwe
Kota kuno ketujuh yang menyimpan misteri adalah Great Zimbabwe. Kota ini mencapai puncak kejayaan pada tahun 1.200-1.450 dengan jumlah penduduk 30.000 orang.

Great Zimbabwe disebut-sebut sebagai pusat perdagangan yang cukup penting. Kota ini kaya emas dan memiliki teknologi yang cukup maju ketika itu. Tidak ada yang tahu pasti mengenai keruntuhan kota ini, kelaparan bisa jadi salah satu faktor pemicu.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Admin Template | Co Admin
Copyright © 2011. Detik 77 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Klik77
Proudly powered by Blogger